Senin, 10 Agustus 2020

Artikel Makrame Craft

 

Apa Itu Makrame

By : Wulan Agustina

 

            Bicara dekorasi ruangan juga akan berbicara banyak tentang kerajinan / craft. Akhir – akhir ini sedang trend Home Decor yang bernuansa klasik/craft. Tidak hanya diminati oleh kalangan elite atau pemilik rumah modern yang memajang dekorasi dengan nuansa craft, namun juga diminati oleh para pengguna photoshot, baik digunakan untuk foto model atau foro produk. Salah satu craft yang sering muncul di baground foto dan pajangan dinding mereka adalah Makrame.

            Makrame sudah ada sejak lama, bahkan penulis buku Saraswati yang mengulas tentang teknik membuat marame menerbitkan bukunya pada tahun 1986. Kerajinan Makrame tidak hanya digunakan untuk hiasan saja melainkan dapat merambah bidang fashion dan aksesories, seperti aneka tas, gelang, sabuk dan aksesories lainnya.

            Jadi apasih makrame itu? Dari apa makrame dibuat? Dan fungsinya untuk apa? Bagaimana cara membuatnya ?

            Makrame yang berasal dari bahasa Arab Mucharam artinya susunan kisi – kisi, dari bahasa Turki yang berarti rumbai – rumbai atau Migrama artinya penyelesaian garapan lap dan selubung muka dengan simpul (Budiyono, 2008:102). Makrame merupakan hasil kerajinan tekstil dengan teknik simpul yang menggunakan tali atau benang (Saraswati, 1986: 1). Jadi makrame merupakan sebuah teknik simpul yang dibentuk atau disusun menjadi sebuah benda yang memiliki nilai guna, estetis, dan ergonomis.

            Jika dilihat, teknik simpul yang digunakan dalam makrame cukup rumit, terutama jika sudah membentuk sesuatu atau menyerupai sesuatu, misalkan menyerupai hewan, tumbuhan, atau bahkan sekedar bentuk hiasan saja. Yang perlu diketahui, simpul dasar dalam makrame hanya ada 2 macam, yaitu simpul pipih dan simpul kordon.

Gambar Simpul Kordon

Gambar Simpul Pipih

            Dari simpul dasar tersebut sudah dapat digunakan untuk membuat suatu produk, baik aksesories atau hiasan. Jika menemukan simpul selain itu bisa disebut sebagai simpul pengembangan. Seperti beberapa contoh simpul dibawah ini :

Simpul Jangkar yang biasa digunakan untuk langkah pertama dalam membuat makrame.


Simpul pipih ganda yang biasa digunakan untuk membuat isian.

 


Simpul pembalut yang biasanya digunakan untuk mengunci, atau digunakan untuk mengikat kumpulan tali.

            Bahan yang biasa digunakan untuk membuat makrame adalah Benang, namun benang memiliki bermacam – macam jenis, mulai dari benang katun, benang gun, benang kain, benang cotton rope, hingga benang kur. Makrame juga dapat dibuat menggunakan serat alam seperti tampar atau agel.

            Secara umum, makrame berfungsi sebagai benda hiasan atau benda hias pakai, seperti hiasan dinding, hiasan ruangan, atau gantungan /ayunan ruangan, dan benda – benda aksesories fashion. Berikut ini akan disertai cara membuat hiasan dinding menggunakan teknik makrame dasar.

Langkah pertama yaitu menyiapkan alat yaitu Gunting, meteran,

Bahan yang diperlukan yaitu Benang, Ring, Pot, Cantolan

Langkah pembuatan :

1.    1. Siapkan gantungan untuk menggantungkan ring. Dalam pembuatan ini menggunakan gantungan portable yang dapat dipindah pindah tempat. Namun juga dapat menggunakan sebuah paku atau tempat apapun yang dapat digunakan untuk menggantungkan.

2.    2.  Gantungkan ring , ring yang digunakan dapat berupa ring kayu atau ring besi, dapat juga menggunakan rinf bulat, setengah bulat, segitiga atau yang lainyya sesuai selera.

 

3.     3. Potong benang menjadi 6 bagian, dengan panjang masing – masing 60cm, atau sesuai selera.

4.     4. Lipat benang menjadi dua dan gantungkan pada ring.

5.  5. Potong benang dengan ukuran kurang lebih 10 cm digunakan untuk membuat ikatan menggunakan simpul pembalut.

6.    6.  Ambil 4 benang dan dibuat menggunakan simpul pipih ganda, sehingga akan menjadi 3 bagian simpul.

 

7.    7.  Sisakan kurang lebih 10 cm untuk tempat pot.


8.    8.  Finishing diikat menggunakan simpul pembalut dan durumbaikan bagain ujungnya.

 

9.     9. Gantungan Pot siap digunakan.


Sekian saja tulisan dari saya mengenai makrame, semoga bermanfaat, jangan lupa mencoba ya, anda tidak akan pernah bisa jika tidak mencoba.

Jangan bosan mencoba, Good Luck.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL FASHION, Rekomendasi Toko Baju Wanita di Sh**pe

  ARTIKEL FASHION Rekomendasi Toko Baju Wanita di Sh**pe                 Hallo guys, siapa sih yang tidak kepincut sama dunia fashion,...